13 February 2012

Analisis Gait

    Dalam pembahasan mengenai berjalan, maka istilah gait dan locomotion merupakan istilah yang sering dimunculkan.Gait adalah cara berjalan sedanglokomotion berarti perpindahan dari satu tempat ketempat lainnya, maka berjalan(walking) mencakup gait dan lokomotion.

    Gerakan berjalan merupakan gerakan dengan koordinasi tinggi yang dikontrol oleh susunan saraf pusat dan melibatkan sistem yang sangat kompleks.

    Adanya righting reaction yaitu untuk memelihara dan memulihkan normal posisi kepala yang berhubungan trunk dengan menormalkan aligment trunk dan limbs sedangkan equilibrium reaction memelihara keseimbangan pada waktu aktifitas terutama pada saat melawan gravitasi dan akan membutuhkan banyak control inhibisi pada level tinggi untuk timbal balik dari bagian perubahan pola gerakan.

    Jalan merupakan salah satu cara dari ambulansi, pada manusia ini dilakukan dengan cara bipedal (dua kaki). Dengan cara ini jalan merupakan gerakan yang yang sangat stabil meskipun demikian pada kondisi normal jalan hanya membutuhkan sedikit kerja otot-otot tungkai . Pada gerakan ke depan sebenarnya yang memegang peranan penting adalah momentum dari tungkai itu sendiri atau akselerasi, kerja otot justru pada saat deselerasi.

    Dalam berjalan dikenal ada 2 fase, yaitu fase menapak (stance phase) dan fase mengayun ( swing fase). Ada pula yang menambahkan satu fase lagi yaitu fase dua kaki di lantai (double support) yang brlangsung singkat. Fase double support ini akan semakin singkat jika kecepatan jalan bertambah, bahkan pada berlari fase double support ini sama sekali hilang, dan justru terjadi fase dimana kedua kaki tidak menginjak lantai.

Fase menapak (60%) dimulai dari heel strike / heel on, foot flat, mid stance , heel off dan diakhiri dengan toe off. Sedangkan pada fase mengayun (40%) dimulai dari toe off, swing dan diakhiar dengan heel strike (accelerasi, mid swing, decelerasi).

Komponen-komponen penting dalam berjalan normal

§ Fase menapak :
    a). Ekstensi sendi panggul (hip)
    b). Geseran ke arah horizontal- lateral pada pelvis dan truk
    c). Fleksi lutut sekitar 15° pada awal heel strike, dilanjutkan dengan   ekstensi dan fleksi lagi sebelum toe off

§ Fase mengayun :
    a). Fleksi lutut dengan diawali ekstensi hip
    b). Lateral pelvic tilting kearah bawah pada saat toe off
    c). Fleksi hip

d). Rotasi pelvic ke depan saat tungkai terayun

e). Ekstensi lutut dan dorsalfleksi ankle dengan cepat sesaat sebelum heel strike

No comments:

Post a Comment