4 February 2012

Olahraga Terbaik Bagi Penderita Penyakit Jantung

     RUTIN melaksanakan beberapa jenis olahraga mampu menjaga kesehatan jantung. Bagi pasien jantung, tidak lantas sembarang olahraga dapat dilakukan (harus dengan bimbingan FISIOTERAPI). Salah-salah pilih jenis exercise, justru dapat memperburuk keadaan.

Berikut beberapa pilihan olahraga, khususnya bagi para pasien jantung yang disarankan dokter untuk mencegah adanya gangguan lain pada jantung.




- Aerobik

Olahraga aerobik adalah jenis latihan terbaik bagi penderita jantung. Hal ini dikarenakan pada latihan aerobik tidak ada penekakan terlalu berat bagi otot-otot jantung. misalnya dengan senam aerobik dengan intensitas ringan 50-60% DNM(denyut nadi maksimal) selama 15-30 menit. pelaksanaan senam harus di dampingi oleh seorang Fisioterapi untuk meminimalisir resiko komplikasi.



Jalan kaki
Jalan kaki adalah salah satu bentuk dari latihan aerobik yang efektif untuk pasien jantung. selain untuk latihan olahraga dan kebugaran pasien, program ini juga memberikan relaksasi bagi si pasien. Berjalan membantu untuk memiliki jantung yang sehat. Cobalah untuk berjalan dengan jarak kurang lebih 900 meter dengan intensitas 45-60% DNM, baik di pagi dan sore.






- Meditasi
Meditasi juga merupakan latihan yang efektif untuk pasien jantung. Ini tidak hanya menenangkan pikiran, tetapi juga memerbaiki sistem pernafasan.


Waktu terbaik untuk melakukanexercise ini adalah 30 menit dalam satu hari dan tiga kali dalam sepekan. Namun jika tidak mampu sekaligus 30 menit. Anda bisa mengantisipasi dengan membagi waktu, 15 menit di pagi hari dan 15 menit lagi di malam hari.


Jangan lupa untuk melakukan pemanasan atau peregangan otot. Pada saat latihan inti dimulai, Anda pun bisa ambil waktu untuk beristirahat sejenak sekira lima hingga 10 menit sebelum lanjut berlatih lagi.


Jika iklim dirasa terlalu panas atau dingin, berlatihlah di dalam ruangan. Ingat, jangan pernah memaksa. Pasalnya, variasi suhu dapat menciptakan masalah pernapasan dan dapat menyebabkan nyeri dada.

Sumber : http://yudisitukangtidur.blogspot.com

No comments:

Post a Comment